Skip to main content

cara menjiplak website orang lain

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah

Ketika anda hendak menulis artikel, atau bahkan ketika anda hendak membangun sebuah blog/website baru, tentunya anda perlu untuk merancang desain style dari website/blog tersebut. Dan cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat-lihat website/blog orang lain untuk mendapatkan ide atau inspirasi.

Dari situ, terkadang kita bisa bertanya-tanya, "wow, pingin niru bagian ini ah", atau "block quote blog ini keren nich, gimana cara nirunya ya?"
Artikel ini akan mencoba menjelaskan kepada anda Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah.

Perlu diketahui, bahwa semua style dan desain web terletak pada CSS. Dan jika anda melakukan pencarian search engine dengan kata kunci "cara meniru style blog orang", maka mungkin anda akan menemukan link seperti ini, atau ini.

Saya telah berusaha membaca dan mencoba teknik-teknik dari website/blog tersebut, namun saya merasa hal itu kurang praktis dan hendak mencoba caara lain. Maka, saya pun menemukan metode ini, yang menggunakan aplikasi add-on dari Chrome (anda membutuhkan browser Chrome untuk melakukan trik ini).


Nama dari add-on tersebut adalah Snappy Snippet. Silahkan anda install terlebih dahulu.

Setelah meng-install-nya, maka langkah-langkah berikutnya sebagai berikut :

1. Select Bagian Yang Hendak Anda Tiru
Di sini saya menggunakan halaman artikel ini sebagai contoh yang hendak ditiru.
Klik kanan pada bagian yang hendak ditiru, lalu klik "Inspect Element", maka tampilan akan seperti ini. Di sini saya mencoba meniru tampilan warna ungu seperti pada gambar.
pilih bagian yang hendak ditiru menggunakan inspect element
Pastikan pemilihan/selection nya sudah mencakup keseluruhan bagian tersebut. Ini bisa dilakukan dengan memilih bagian style yang hirarki nya lebih tinggi. Bisa dilihat di sebelah kanan, di bagian inspect element, saya memilih bagian "div" ketimbang "span", karena hirarki nya lebih tinggi, dan juga masih meliputi bagian yang hendak saya pilih.

2. Klik Snappy Snippet
Setelah itu, anda klik Snappy Snippet di sini :
aktifkan snappy snippet
Maka tampilan akan seperti ini :
tampilan snappy snippet
Setelah itu, klik :

Maka tampilan akan seperti ini :
Nampak bahwa bagian yang tadinya kosong akan terisi dengan style yang ditiru. Setelah itu silahkan anda klik :
Untuk membuka website jsfiddle, sehingga tampilannya akan seperti ini :
tampilan jsfiddle

jsfiddle ini berguna untuk mensimulasikan tampilan snippet yang ditiru. Jika tampilannya tidak sama seperti yang anda inginkan, kemungkinan besar anda memilih inspect element yang keliru. Silahkan anda coba lagi, mungkin hirarki yang anda pilih kurang tepat.


3. Menaruh style di blogspot
Mohon maaf, untuk contoh ini saya menggunakan blogspot atau blogger, karena saya belum mencobanya di wordpress ataupun CMS lainnya. Dari hasil snappy snippet di atas, salin kode CSS di sebelah kanan dari Snappy Snippet, juga perhatikan cara pemakaian CSS tersebut di sebelah kiri nya (bagian HTML).

Setelah itu, silahkan anda coba membuat postingan baru di blogspot, dan pilih mode "HTML" (bukan "Compose"). Lalu taruh bagian CSS tadi di bagian sebelum tulisan yang hendak anda beri style. Atau bisa anda coba taruh di CSS utama di bagian Template. Tapi maaf, saya masih belum bisa melakukan ini. Karena itulah saya taruh CSS tersebut di masing-masing postingan. Maaf jika terkesan ribet, tapi inilah metode saya.

Setelah menaruh CSS, silahkan anda coba untuk menulis seperti yang dicontohkan pada format HTML. Maka seharusnya tampilannya sudah bisa berubah seperti tampilan pada halaman aslinya. Atau seperti pada jsfiddle tadi.

Sekian tutorial ini saya buat, semoga bermanfaat dan tidak membingungkan.
Selamat mencoba ya...

Comments

Popular posts from this blog

Gempa GT Lalu Apa?

Kasus pegawai pajak golongan 3A Gayus Tambunan (GT) yang diledakkan Jenderal Susno Duadji mengharu biru Tanah Air. Semua pembicaraan dua minggu belakangan ini terfokus pada harta yang sudah dikumpulkan dan sepak terjang anak muda yang jadi ujung tombak jaringan koruptor. Dramanya  tambah heboh karena GT sempat melenggang ke Negeri Singa dan setelah ditemui satgas anti-mafia hukum dan baru diburu kemudian. Dugaan sebagian orang semula kisah ini akan berakhir dengan kepergiannya ke negeri tetangga yang terkenal sebagai suaka para koruptor itu. Tapi ternyata perkembangan tak terduga terjadi lewat tindakan cepat pihak Direktorat Imigrasi yang mau mencabut paspor GT.  Selain juga tindakan yang lumayan serentak di berbagai instansi lain seperti Mabes Kepolisian, Ditjen Pajak, MA, dan Kejaksaan Agung. Kisah GT buron dibumbui cerita dua anggota satgas menemukan sang buron dengan berkat Tuhan di foodcourt Lucky Plaza yang kemudian membujuk GT pulang. Begitu pula adegan bak reality show wawancar

21 Cara Bagaimana Menulis Artikel Yang Ideal (Part 5)

Blogging Dulu Ah - Ini lanjutan dari part sebelumnya, yaitu part 4 . Semoga part sebelumnya cukup informatif dan bermanfaat untuk anda, agar dapat menulis artikel yang ideal. 13. Tambahkan Tags dan Categories yang relevan Pastikan anda menambahkan kategori dan tag yang paling relevan ke dalam blog post, agar pembaca dapat secara mudah menemukan konten yang mereka inginkan pada topik serupa di blog anda 14. Jadikan URL teroptimasi dan mudah dibaca Pembaca mungkin tidak terlalu memperhatikan alamat URL dari artikel anda. Namun, alangkah baiknya jika menjadikannya mudah dibaca. Gunakan tanda "-" untuk memisahkan keyword dalam URL. Jangan gunakan spasi atau underscore. Umumnya, SEO juga tidak merekomendasikan penggunaan stop word pada URL. Menurut saya, tulislah URL yang mewakili konten dari halaman tersebut, sehingga dengan membaca URL itu saja, pembaca sudah bisa mengetahui maksud dari artikel tersebut. Saya selalu mencoba untuk menjadikan panjang URL saya 60 karakter atau

Tips & Cara Upload atau Reupload (Remix) Video Youtube tanpa klaim

Kita pasti mengenal Youtube. Sebuah layanan web yang sensasional, yang bahkan dulu lebih populer ketimbang Google Videos, dan oleh karena itu, Google lantas membelinya. Youtube berisi konten video dari penggunanya. Dari itu saja, dia sudah sangat populer. Dan terkait segala sesuatu yang berbentuk digital, maka besar kemungkinan duplikasi video ataupun konten. Apalagi setelah layanan Adsense dimasukkan ke dalam youtube. Alhasil makin banyak duplikasi tersebut. Maka, youtube memasang fitur untuk mendeteksi duplikasi tersebut. Tujuannya mulia, yaitu memastikan si pemilik asli dan sah dari konten tersebut agar hak cipta nya tidak dipakai orang lain. Apalagi untuk dimonetisasi melalui adsense. Namun, yang namanya manusia, pasti selalu punya ide. Ada saja metode yang digunakan untuk mengakali sistem tersebut. Ada yang menggunakan : Video editing Video dibalik/flip Video dikecilkan sehingga tidak full frame Video dipotong di sana sini Audio editing Lagu diubah pitch nya Lagu dipotong di sana